Langsung ke konten utama

Bisnis Jalan,Yang Punya Jalan Jalan

Segar dalam ingatan saya ketika berguru pada seorang sahabat mengenai Biz, setelah sharing mengenai bisnis dan segala sesuatu didalamnya, terlontar pertanyaan sederhana namun menggelitik, yaitu apa tolak ukur keberhasilan kita dalam berbisnis. dengan panjang lebar saya menyampaikan bahwa usaha harus maju dibanding tahun lalu, atau jumlah aset maupun omzet harus lebih besar dari yang sudah-sudah, dan lain sebagainya.  Namun sahabat saya tidak berpendapat demikian, sahabat saya menyampaikan buat apa bisnis semakin besar, namun dengan besarnya bisnis membuat kita semakin repot dan tidak punya waktu, bahkan telp harus dinyalakan 24 jam sebagai service kepada pelanggan. itu kuno, trus saya bertanya, lah kalo begitu apa tolok ukur dari keberhasilan bisnis.  Jawabnya enteng yaitu "Bisnis Jalan, Yang Punya Jalan-Jalan"

Sepele kelihatannya, namun setelah saya renungkan ternyata asik juga mejadi pengusaha, dimana usahanya jalan, sedang yang punya juga "jalan-jalan".  mungkin waktu itu saya terlalu sibuk dengan rutinitas dan skedul yang padat sehingga upaya memberi "reward" pada diri sendiri tidak sempat, keuntungan yang terkumpul kami alokasikan seluruhnya ke"modal usaha", dengan harapan semakin besar modal usaha, semakin besar pula profit-nya.  Betul memang dengan besarnya omset umumnya profit juga bertambah, namun adakah waktu yang tersisa untuk kita pergunakan bersenang-senang ???

Sedikit demi sedikit paradigma mengenai bekerja keras mulai kami tinggalkan, kini era-nya bukan bekerja keras lagi namun harus bekerja dengan cerdas.  Pertengahan 2011 kami mencoba "menikmati" hidup dengan jalan-jalan, meski tidak begitu jauh namun perjalanan beserta anak-anak, istri dan orang tua rasanya cukup nikmat. Kali ini tujuan kami adalah ke Singapore dan Malaysia.  Dasar otak pebisnis, rugi dong jika jalan-jalan namun tidak dapat mengambil hikmah dan peluang dari hasil jalan-jalan.  Ketika keluarga asik riang dengan suasana liburan, saya mengalokasikan waktu untuk berburu kemasan, artinya saya kunjungi pusat-pusat oleh-oleh dan makanan ringan di tiap kota kami singgahi, meski tidak mudah dan cukup menyita waktu, namun upaya kami tidak sia-sia.   ada beberapa (namun untuk tulisan kali ini kami akan berikan satu contoh) kemasan yang menjadi inspirasi.  kemasannya yaitu bungkus coklat seperti dibawah ini

Mengapa saya ambil inspirasi dari kemasan ini.
Pertama bahannya dari duplex, sehingga akan sangat terjangkau UKM,
kedua desain bentuknya sederhana namun anggun

Dua hal inilah yang menggelitik pemikiran kami untuk mengadopsi bentuk kemasan,  sehingga kedepan kemasan UKM dapat bersaing dengan perusahaan besar.  Sesuai dengan dugaan saya, begitu kita megenalkan kemasan tersebut, dengan cepat di respon dari berbagai kalangan mulai dari UKM hingga pihak dinas pemerintahan dari pulau sumatera, kalimantan dan tentunya dari pulau jawa.  Hasilnya pun juga tidak mengecewakan, umumnya omzet mereka rata-rata naik lebih dari 100 % bahkan ada pula yang lebih dari 300%.  contoh contoh produknya adalah sebagai berikut



                            
                                                            Pesanan dari Dinas
Pesanan Perseorangan
Pesanan Instansi
Memang tidak banyak yang bisa kami sumbangkan untuk Negeri ini, namun paling tidak meskipun sedikit, ada peran nyata kami yang bisa kami sumbangkan untuk negeri tercinta ini.

Semoga Sukses Selalu Untuk UKM Indonesia

Salam hangat dari kami

AA Packaging

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu AA Packaging House?

Apa itu AA Packaging House? AA Packaging House adalah Rumah Packaging dan Branding yang berada di kawasan Malang, tepatnya di Jl. Bendungan sigura-gura barat no 23 Karangbesuki, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146. Disini menjual berbagai macam kemasan berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Kemasan yang tersedia seperti Standing Pouch, Gussete, Corrugated, Bag, Sachet, Transparan Can dan masih banyak lagi jenis kemasan lainnya.   Keuntungan membeli kemasan di AA Packaging adalah : Kualitas terbaik , karena AA Packaging mengedepankan kualitas dan kuantitas untuk kemasan yang di jual Harga Terjangkau , karena AA PAckaging menyediakan kemasan kualitas terbaik dengan harga yang cukup terjangkau kantong Pengiriman Terpercaya , karena AA Packaging bekerja sama dengan banyak jasa pengiriman terpercaya Indonesia

Kreatif Untuk Kemasan Inovatif

Tentu, kita ingin produk yang kita jual tampil cantik. Namun untuk membuat produk tampil cantik, tidak semudah yang kita angankan. Ada kalanya kita memiliki keinginan yang besar, namun tidak tahu harus dari mana kita memulai pembenahan kemasan produk. Ada yang punya ide bentuk kemasan yang unik, namun mereka belum pernah menghitung berapa cost/ biaya yang harus ditanggung untuk membuat kemasan tersebut, ada pula yang menginginkan  Desain kemasan  seperti yang diangankan, namun karena tidak mempunyai kemampuan dibidang desain grafis dan kemampuan dalam software grafis, jadinya desain yang dibuat tidak seindah yang diangankan. Membuat desain bentuk, khususnya desain yang unik dan original tidaklah mudah dan murah, perlu riset dan perhitungan yang cermat sehingga bahan yang digunakan effisien. Kali ini kami coba membahas salah satu produk yang kita bawa dari Australia pada kesempatan study yang saya lakukan bulan april 2012 yang lalu. Mengapa saya memilih kemasan ini seb...

Strategi Sukses Pemasaran

Masih segar dalam ingatan kami mengenai peristiwa yang boleh dikatakan unik, lucu, asik dan banyak lagi perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun intinya adalah kesuksesan bermuara disana. Tahun 2007 – 2008 adalah titik tolak meningkatnya penjualan kita, waktu itu bisnis yang tengah kami geluti adalah bisnis keripik buah, mulai dari keripik apel yang sangat dikenal di Malang, keripik nangka yang super lezat rasanya, bahkan konon keripik nangka merupakan raja dari raja keripik buah, dan juga keripik keripik buah yang lain mulai dari nanas, salak hingga buah yang dianggap mustahil dibuat keripik misalkan melon dan semangka. Dengan pasar yang demikian sempit (sebab segmen keripik buah waktu itu adalah untuk kalangan menengah keatas) maka pasar didaerah kami (kota malang) adalah pasar yang amat ketat, sehingga timbul ide untuk memasarkan produk keripik buah kita ke luar area kami. Sebagai seorang UKM, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa modal menjadikan kenda...