Langsung ke konten utama

Kue Lebaran Go Internasional

Untuk UKM Indonesia yang Kami Banggakan...
Akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang ditujukan kepada kami, baik secara personal maupun Team AA Packaging House. Pertanyaan itu ditujukan kepada kami saat kami menjadi pembicara diluar kota maupun luar pulau, dari UKM Indonesia yang datang ke Workshop kami, dari teman-teman dinas dan dari aparatur pemerintahan.
Dari sekian banyak pertanyaan banyak yang sudah kami jawab tetapi ada pula pertanyaan yang belum kami jawab. Kali ini kami “AA Packaging House” ingin berbagi wacana kepada seluruh pembaca, khususnya UKM Indonesia yang menginginkan perubahan wajah dalam kemasan produknya.
Saya yakin hampir semua dari kita menyukai kue lebaran. Rasanya yang legit dan macam ragamnya kue tersebut membuat kita selalu tergoda untuk memakannya . Biasanya kue lebaran tersebut dikemas dalam suatu wadah yang kokoh untuk melindungi produk tersebut . Kali ini kami mengambil contoh dari Binaan AA Packaging House berkaitan dengan kue lebaran tersebut. Berikut adalah produk dan kemasannya.
Menurut saya pribadi, produk tersebut sudah sangat layak untuk bersaing dipasar nasional, namun dari hasil study kami ada hal-hal yang menurut kami perlu dipertimbangkan, sehingga akan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut, meningkatkan kecepatan perputaran (turn over) dari penjualan produk tersebut dan pada ujung akhirnya peningkatan profit yang material.
Untuk hal pertama yang kami sarankan adalah memperluas area explore desain grafis, dengan kemasan toples mika tersebut, kita sangat kesulitan mengeksplor desain grafis, untuk itu perlu adanya tambahan kemasan, yang bertujuan untuk mengeksplor desain grafis dan membuat kemasan menjadi ” eye catching “.
Berikut adalah salah satu contoh (kebetulan beberapa saat yang lalu kita dari thailand dan kami mengambil sample) senyampang masih fressh, berikut contoh kemasan :
Jika kemasan tersebut hanya begitu saja, saya kira ngga ada bedanya dengan kemasan yang kita punya, namun tambahan kemasan yang saya maksud diatas adalah sebagai berikut :
Dengan adanya kemasan tambahan, berupa cover untuk mengeksplorasi desain garfis, membuat kemasan yang biasa menjadi sangat cantik, tanpa mengubah kemasan awal (yang bertujuan untuk melindungi produk). Hal ini sangat memungkinkan sekali untuk ditiru oleh produk-produk yang berkemasan toples mika.
Hanya dengan menambah sedikit rupiah, akan meningkatkan gengsi produk, meningkatkan nilai jual dan meningkatkan perputaran penjualan dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan UKM Indonesia.
Coba bayangkan jika produk anda (yang bergerak di produk kue lebaran) menggunakan kemasan tambahan seperti ini, puff… pasti CIAMIIIK Cing…..
Bukan hanya kita tambah percaya diri ketika menawarkan produk, tapi dengan kemasan seperti ini akan menjadikan nyali pesaing kita menjadi ciut dan pada akhirnya kita akan memenangkan persaingan.
Perlu diperhatikan juga, UMUM-nya kudapan ini dijual dalam kemasan (toples) yang cukup besar. Dengan besarnya kemasan tentunya membuat harga semakin tinggi dan akan menjauh dar jangkauan daya beli masyarakat.
Saran kami, ada baiknya menjual dalam kemasan yang lebih ekonomis, dan ditambah dengan cover kemasan yang dapat menjadi kamuflase besaran produk, akan menjadikan produk kita kelihatan lebih murah dari sebelumnya.
Akhir kata, tidak banyak yang kami berikan untuk negeri ini, namun yang sedikit ini bisa menjadikan inspirasi dari UMK Indonesia. Besar harapan kami, UKM Indonesia selalu menjadi tuan rumah di negeri tercinta ini.
SALAM SUKSES SELALU UKM Indonesia...
From AA Packaging House with LOVE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu AA Packaging House?

Apa itu AA Packaging House? AA Packaging House adalah Rumah Packaging dan Branding yang berada di kawasan Malang, tepatnya di Jl. Bendungan sigura-gura barat no 23 Karangbesuki, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146. Disini menjual berbagai macam kemasan berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Kemasan yang tersedia seperti Standing Pouch, Gussete, Corrugated, Bag, Sachet, Transparan Can dan masih banyak lagi jenis kemasan lainnya.   Keuntungan membeli kemasan di AA Packaging adalah : Kualitas terbaik , karena AA Packaging mengedepankan kualitas dan kuantitas untuk kemasan yang di jual Harga Terjangkau , karena AA PAckaging menyediakan kemasan kualitas terbaik dengan harga yang cukup terjangkau kantong Pengiriman Terpercaya , karena AA Packaging bekerja sama dengan banyak jasa pengiriman terpercaya Indonesia

Kreatif Untuk Kemasan Inovatif

Tentu, kita ingin produk yang kita jual tampil cantik. Namun untuk membuat produk tampil cantik, tidak semudah yang kita angankan. Ada kalanya kita memiliki keinginan yang besar, namun tidak tahu harus dari mana kita memulai pembenahan kemasan produk. Ada yang punya ide bentuk kemasan yang unik, namun mereka belum pernah menghitung berapa cost/ biaya yang harus ditanggung untuk membuat kemasan tersebut, ada pula yang menginginkan  Desain kemasan  seperti yang diangankan, namun karena tidak mempunyai kemampuan dibidang desain grafis dan kemampuan dalam software grafis, jadinya desain yang dibuat tidak seindah yang diangankan. Membuat desain bentuk, khususnya desain yang unik dan original tidaklah mudah dan murah, perlu riset dan perhitungan yang cermat sehingga bahan yang digunakan effisien. Kali ini kami coba membahas salah satu produk yang kita bawa dari Australia pada kesempatan study yang saya lakukan bulan april 2012 yang lalu. Mengapa saya memilih kemasan ini seb...

Strategi Sukses Pemasaran

Masih segar dalam ingatan kami mengenai peristiwa yang boleh dikatakan unik, lucu, asik dan banyak lagi perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun intinya adalah kesuksesan bermuara disana. Tahun 2007 – 2008 adalah titik tolak meningkatnya penjualan kita, waktu itu bisnis yang tengah kami geluti adalah bisnis keripik buah, mulai dari keripik apel yang sangat dikenal di Malang, keripik nangka yang super lezat rasanya, bahkan konon keripik nangka merupakan raja dari raja keripik buah, dan juga keripik keripik buah yang lain mulai dari nanas, salak hingga buah yang dianggap mustahil dibuat keripik misalkan melon dan semangka. Dengan pasar yang demikian sempit (sebab segmen keripik buah waktu itu adalah untuk kalangan menengah keatas) maka pasar didaerah kami (kota malang) adalah pasar yang amat ketat, sehingga timbul ide untuk memasarkan produk keripik buah kita ke luar area kami. Sebagai seorang UKM, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa modal menjadikan kenda...